Terkait ketentuan perpanjangan masa jabatan kepala desa, Kemendagri katakan siap mengkajinya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 12:16 WIB
Mendagri, Tito Karnavian (Twitter)
Mendagri, Tito Karnavian (Twitter)

INDO INSIDER - Terkait ketentuan perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengkajinya, dalam usulan revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan mengkaji dulu sejauh mana manfaat positif dari usulan tersebut.

"Kami kaji dulu positifnya apa, negatifnya apa. Kalau banyak positifnya, ya kenapa tidak? Tapi kalau banyak mudaratnya, ya mungkin tetap di posisi Undang-Undang Desa sekarang, enam tahun kali tiga, jadi 18 tahun, kan lama juga itu. Ada positif (dan) negatifnya. Kami, prinsip dari Kemendagri, kami mengkaji," kata Tito Karnavian di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu dikutip INDO INSIDER dari laman Antara Rabu, 25 Januari 2023.

Baca Juga: 6 rekomendasi SUV Compact tahun 2023, dari yang sedang tren Hyundai Creta hingga yang berbasis EV Nissan Kicks

Lebih lanjut Tito mengatakan, kalau nanti DPR RI berinisiatif merevisi UU Desa guna memperpanjang masa jabatan kades, Kemendagri akan hadir menyampaikan penilaian atas hasil kajian tersebut.

Dalam mengkaji usulan perpanjangan masa jabatan kepala desa itu, katanya, Kemendagri akan mengundang sejumlah tokoh yang memahami masalah desa dan para pegiat desa.

"Kami juga akan mengundang beberapa tokoh yang paham mengenai masalah desa, pegiat desa. Itu terdengar jelas suaranya," ucap Tito.

Sebelumnya, usulan revisi UU Desa terkait perpanjangan masa jabatan kepala desa disampaikan oleh ribuan kepala desa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 17 Januari 2023.

Saat ini, Pasal 39 dalam UU Desa mengatur bahwa masa jabatan kepala desa adalah enam tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Lalu, mereka dapat menjabat paling banyak tiga kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Halaman:

Editor: Suhendra Manggopa

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X